Situs Jurnalis Handal adalah sebuah website yang memuat berbagai informasi terkini dan Terpercaya. Mulai dari info kesehatan, teknologi, otomotif, kecantikan hingga desain rumah.

Cara Mengatasi Android Aplikasi Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Android Aplikasi Keluar Sendiri – Salah satu keunggulan dari android yaitu pengguna dapat dengan bebas mendownload dan menginstal berbagai aplikasi atau game pada smartphone-nya. Ditambah lagi semakin banyak Developer yang menawarkan berbagai aplikasi dan game yang menarik dan unik yang patut untuk dijalankan di android. Namun, apa jadinya ketika sedang asyik bermain game atau menjalankan aplikasi tiba-tiba keluar dengan sendirinya tanpa kita perintah. Tetu sangat menyebalkan, bukan?

Aplikasi yang sering keluar sendiri atau sering disebut force close ini memang banyak dialami para pecinta android. Hal tersebut tentu disebabkan oleh banyak hal, mulai dari karena aplikasi yang korup, android yang tiidak mampu menjalankannya, atau yang lain sebagainya. Jik anda adalah salah satu orang yang juga mengalami masalah tesebut, anda tak perlu khawatir karena kami punya tipsnya untuk anda. Berikut kami rangkumkan cara mengtasi android aplikasi keluat sendiri untuk anda.

Cara mengatasi Android Aplikasi Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Android Aplikasi Keluar Sendiri

Sebenarnya cara mengatasi android aplikasi berhenti sendiri ini cukup mudah. Hanya dengan menjalankan beberapa tips mudahnya, anda sudah bisa mengatasi masalah tersebut. Berikut Langkah-langkahnya :

Tutup Aplikasi yang tidak diperlukan


Cara mengtasi aplikasi android yang force close atau keluar sendiri yang pertama yaitu anda perlu menutup semua aplikasi yang tidak sedang anda gunakan. Kebanyakan pengguna android suka menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Ini menurut mereka adalah cara agar lebih cepat saat akan berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya. Padahal yang demikian ini malah akan menambah beban kerja android dan mengikis banyak ruang pada RAM, sehingga membuat kinerja android lemot. Untuk itu, hindari kebiasaan ini agar performa kinerja android lebih baik lagi.
Untuk itu, tutuplah semua aplikasi yang tidak sedang anda perlukan, dan tutup juga aplikasi yang berjalan dilatar belakang agar aplikasi yang sering force close atau keluar sendiri ini bisa diatasi.

Bersihkan cache dengan rutin


Cara mengtasi android aplikasi berhenti sendiri yang selanjutnya yaitu membersihkan cache dengan rutin dan teratur. Cache sendiri maerupakan tempat terkumpulnya file sampah yang dihasilkan dari kegiatan kita saat menjalankan berbagai aplikasi ataupun saat transfer data. Jika file sampah ini jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah dibersihkan, maka ini tentunya akan menyebabkan masalah aplikasi yeng sering force close ini. Untuk itu, rutinlah membersihkan cache tersebut agar performa smartphone android lebih baik lagi. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Clean Master untuk membersihkan cahce pada android ini.

Instal Aplikasi yang sesuai kemampuan android


Jika anda pemilik smartphone yang hanya memiliki kapasitas RAM kecil atau sematan processor yang tidak terlalu tangguh, itu artinya anda harus bijak memilih aplikasi atau game mana yang cocok untuk smartphone anda. Spesifikasi smartphone yang tidak terlalu tinggi, tentunya anda diharuskan mendownload dan menginstal aplikasi atau game yang tidak terlalu besar kapasitasnya. Dengan begitu, smartphone android akan lebih mudah dalam menjalankannya dan masalah aplikasi yang keluar sendiri akan segera teratasi. 

Jangan juga menginstal aplikasi atau game yang berkualitas HD, karena bisanya yang demikian ini memiliki kapasitas yang cukup besar. Untuk bisa menyesuaikan aplikasi dengan kemampuan smartphone android, usahakan mendownload semua aplikasi atau game yang anda ingunkan melalui Google Playstore. Playstore akan secara otomatis menyesuaikan mana aplikasi yang cocok dan tidak cocok untuk smartphone android anda.

Matikan internet dan Bluetooth


Dalam beberapa kasus, smartphone yang menjalankan aplikasi atau game dengan keadaan internet dan bluetooth aktif, secara otomatis kinerja HP semakin melambat atau lemot. Selain itu, tak jarang juga aplikasi atau game yang sedang dijalankan akan tiba-tiba berhenti atau keluar sendiri. Untuk itu, matikan saja internet atau bluetoot saat akan menjalankan berbagai aplikasi dan game.

Lakukan restart android


Dan Cara mengatasi android aplikasi keluar sendiri yang terakhir adalah dengan merestart smartphone android anda. Dengan melakukan restar, maka sistem pada android akan kembali pulih dan fresh lagi.  Selain itu, semua aplikasi yang berjalan, baik dilayar maupun dilatar berlakang aka secara otomatis berhenti. Dan yang demikian ini akan membuat performa android lebih baik lagi.


Sekarang masalah aplikasi force close akan bisa anda atasi segera dengan menerapkan cara mengatasi android aplikasi keluar sendiri diatas. Lakukan cara-cara diatas dengan tepat dan rutin, supaya performa android lebih baik lagi. 
Tag : Teknologi
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Android Aplikasi Keluar Sendiri"

Back To Top