Situs Jurnalis Handal adalah sebuah website yang memuat berbagai informasi terkini dan Terpercaya. Mulai dari info kesehatan, teknologi, otomotif, kecantikan hingga desain rumah.

Cara Mengatasi Android Agar Tidak Lemot - Pengalaman Pribadi

Cara Mengatasi Android Agar Tidak Lemot – Banyak dari para pengguna android mengalami masalah yang satu ini, yakni kinerja android yang lemot. Masalah tersebut tentu bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari karena kapasitas RAM yang kecil, banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau yang lain sebagainya. Nah, bagi anda yang juga masalah tersebut pada HP android anda, tak perlu khawatir. Karena disini kami akan memberikan tipsnya untuk anda mengenai cara mengatasi android agar tidak lemot. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak tipsnya berikut ini.

Cara Mengatasi Android Agar Tidak Lemot


Cara Mengatasi Android Agar Tidak Lemot

Untuk cara mengatasi android agar tidak lemot ini sebenarnya cukup mudah dilakukan, bahkan cara-cara tersebut tidak akan mengharuskan anda mengeluarkan biaya yang besar. Cukup melakukan tindakan sederhana, maka kinerja android anda akan kembali cepat dan normal seperti sedia kala. Lebih lengkapnya, lakukan saja langkah-langkah berikut  ini :

Mencari tahu penyebab HP lemot


Hal pertama yang bisa anda lakukan dalam cara mengatasi android agar tidak lemot ini yakni dengan melakukan identifikasi atau mencari tahu penyebab HP tersebut menjadi lemot. Anda bisa memeriksa apakah dikarenakan aplikasi, atau karena memang dari sistem android itu sendiri yang menyebabkannya lemot. Disini anda harus lebih teliti dalam melakukan indentifikasi. Setelah menemukan penyebabnya, anda bisa melakukan langkah berikutnya dibawah ini.

Memori yang Penuh


Cara mengatasi android lemot selanjutnya adalah anda harus mengupayakan agar memori HP tidak terlalu penuh, karena yang demikian ini akan membuat kinerja HP cenderung berat. Untuk itu, hapus aplikasi atau game yang tidak terlalu penting dari HP anda agar ruang penyimpanan dalam memori bisa lebih longgar. Selain itu, aplikasi yang terinstal di HP android biasanya akan menggunakan banyak cache data. Yang demikian ini juga akan menyebabkan kinerja HP android akan melambat atau lemot. Oleh karena itu, hapus juga cache data agar kinerja HP lebih eefktif lagi. Untuk cara menghapus cache, anda bisa masuk ke Pengaturan, pilih penyimpanan dan setelah itu pilih hapus cache data.

Selain itu, anda juga bisa menonaktifkan aplikasi bawaan android yang kiranya tidak terlalu diperlukan. Hal tersebut juga akan lebih mudah jika HP android anda sudah dilakukan rooting.Karena pada dasarnya, aplikasi bawaan android tidak akan bisa dihapus sebelum HP android tersebut di root.

Menutup aplikasi dan bebaskan RAM


Selanjutnya cara mengatasi android agar tidak lemot yang bisa anda lakukan yaitu menutup aplikasi yang tidak digunakan. Menjalankan dua aplikasi atau lebih dalam waktu bersamaan memang akan memudahkan kita saat akan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Namun, ternyata hal tersebut bukan akan lebih mempercepat aktifitas, justru akan lebih memperlambat kinerja android anda. Untuk itu, tutup saja aplikasi yang sudah digunakan lalu buka aplikasi yang akan dijalankan lainnya.
Selain itu, anda juga bisa menghapus ruang RAM yang penuh agar kinerjanya lebih optimal lagi. Anda bisa menghapusnya dengan memanfaatkan aplikasi lain, salah satunya CCleaner.

Minimalkan widget


Dengan widget, maka kita akan bisa lebih memcantik tampilan layar HP android. Namun. Tahukah anda bahwa hal tersebut justru akan menjadi pemicu kinerja HP android anda menjagi lemot. Untuk itu, minimalkan penggunaan widget agar kinerja HP android anda bisa lebih optimal.

Jangan gunakan animasi layar dan efek tansisi


Dan cara mengatasi android agar tidak lemot yang terakhir yaitu dengan menghindari penggunaan animasi layar dan efek transisi. Ini biasanya kita dapa dari penggunaan launcher yang memang mampu membuat tampilan layar menjadi lebih keren dan unik. Hal tersebut justru akan membuat kinerja HP android menjadi lebih lambat. Untuk itu, hapus saja penggunaan launcher pada HP android anda. Namun, jika memang anda keberatan untuk menghapusnya, anda bisa menonaktifkan animasi layar dan efek transisi pada launcher tersebut.

Dengan melakukan beberapa langkah diatas, tentu kinerja dari HP android anda akan menjadi lebih lancar lagi tanpa adanya hambatan. Demikian tadi cara mengatasi android agar tidak lemot yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga informasi diatas bermanfaat.
Tag : Teknologi
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Android Agar Tidak Lemot - Pengalaman Pribadi"

Back To Top